Nissan - Innovation That Excites

Nissan - Innovation That Excites

Sabtu, 25 April 2015

Kegunaan & Manfaat Speedomater


Speedometer merupakan sebuah perangkat di dalam mobil Toyota yang digunakan untuk mengukur dan menampilkan kecepatan mobil. Biasanya digunakan untuk tujuan keselamatan dalam berkendara di jalan raya. 


Speedometer pada mobil Toyota Anda akan memberikan informasi mengenai seberapa cepat Anda mengemudikan kendaraan dengan secara langsung mengukur kecepatan pada permukaan tanah. Speedometer kini juga lebih modern dan disediakan dalam bentuk digital pula. Bahkan, speedometer telah menjelma menjadi beragam bentuk dan desain.



Speedometer awalnya dijadikan standar keselamatan pada akhir abad 20-an, namun tidak diwajibkan dipasang pada kendaraan hingga awal tahun 1990-an. Kemudian, speedometer mobil dijadikan standar keselamatan di tahun 1910 dan telah menjadi salah satu pendukung utama mobil sejak saat itu. Speedometer biasanya diletakkan pada bagian dashboard dan diusahakan agar mudah dilihat oleh pengendaranya. Kebanyakan speedometer diletakkan di belakang stir mobil dan bisa dilihat hanya dengan meliriknya sekejap. Beberapa jenis speedometer berbentuk digital dengan dua atau tiga angka yang menunjukkan kecepatan kendaraan. Beberapa jenis lainnya merupakan speedometer traditional dengan penunjuk seperti jarum jam untuk memperlihatkan kecepatan mobil.

Jarum penunjuk pada speedometer mobil akan bergerak dari kiri (low speed) ke kanan (high speed) untuk menunjukkan peningkatan kecepatan. Speedometer akan menunjukkan kecepatan dari 0 mil per jam hingga yang paling tercepat yaitu 140 mil (225 km) per jam. Beberapa speedometer akan berhenti pada kecepatan aman yaitu 90 mil (145 km) per jam.

Speedometer memiliki toleransi kesalahan sekitar 10% sepanjang usia speedometer dan kendaraan itu sendiri. Perangkat ini bisa menunjukkan kecepatan mobil karena terhubung oleh kabel fleksibel yang disambungkan ke transmisi mobil, yang mana akan mengindikasikan seberapa cepat mobil Toyota Anda bergerak. Bahkan saat ini, speedometer sudah dilengkapi dengan magnet dan field sensor pada driver shaft untuk menunjukkan kecepatan mobil kepada pengendara.Speedometer pada sepedah juga akan mengukur waktu antara revolusi roda untuk menginformasikan seberapa cepat pengendara sedang melaju. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar